Selasa, 02 Maret 2010

SELENIUM

Apa Selenium?
Selenium terkenal karena peranan yang dimainkannya dalam glutathione peroksidase (GSH-Px) sistem enzim. Empat peroxidases glutathione terpisah setelah diidentifikasi. Dalam sel total (GSH-Px) didistribusikan ~ 2:1 antara sitosol dan matriks mitokondria (19). Distribusi enzim memungkinkan peningkatan efisiensi radikal bebas oleh GSH-Pv sistem. Sistem enzim ini mapan sebagai antioksidan utama sistem pertahanan dalam tubuh.
Selenium (Se) adalah mineral yang tergolong pada trace-mineral karena keberadaannya dalam tubuh sangat sedikit. Akan tetapi, mineral ini hampir terdapat di seluruh tubuh manusia mulai dari jaringan di tulang, otot, dan darah. Selenium sudah diakui sebagai unsur esensial bagi manusia. Hasil penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan selenium dapat menimbulkan gejala pertumbuhan lambat, distrofi otot, nekrosis sel jantung, ginjal, dan hati. Selenium merupakan mineral penting yang berfungsi dalam mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit. Selenium membantu mencegah kerusakan DNA yang disebabkan zat kimia dan radiasi. Mineral selenium (Se) sebagai komponen enzim glutathion peroksidase mengkatalis reaksi perubahan hidrogen peroksida menjadi glutathion (GSH) dan air. Dalam kapasitas antioksidannya, selenium bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh. Hal ini karena selenium sebagai mineral tunggal bersifat toksik. Fungsi dari vitamin E yaitu untuk mengurangi kebutuhan mineral Se dengan cara mempertahankan mineral Se dalam tubuh sehingga kekurangan Se dapat ditanggulangi. Selain itu, vitamin E dapat mencegah terjadinya rantai oto-oksidasi yang reaktif dalam membran lipid dan menghambat produksi hidroperoksida sehingga menyebabkan keracunan. Hal ini karena fungsi Se, yakni sebagai bagian integral dari sistem enzim glutation peroxidase, merubah bentuk reaksi glutathin menjadi bentukoksidasi glutation dan pada waktu bersamaan merusak peroksida dengan cara mengonversi peroksida menjadi bentuk alkohol yang tidak berbahaya. Reaksi inilah yang sangat penting untuk mencegah terjadinya peroksida terhadap asam-asam lemak tak jenuh (kolesterol jahat) sehingga terbentuk sel busa yang apabila masuk dalam pembuluh darah ke arah jantung akan menimbulkan penyakit jantungkoroner.
Selenium adalah zat padat alami yang banyak tetapi tidak merata dalam kerak bumi. Hal ini juga umumnya ditemukan di bebatuan dan tanah. Selenium, dalam bentuk murni abu-abu metalik kristal hitam, sering disebut sebagai unsur selenium atau debu. Elemental selenium diproduksi secara komersial, terutama sebagai produk sampingan dari tembaga pemurnian. Selenium tidak sering ditemukan di lingkungan dalam bentuk mendasar, tetapi biasanya dikombinasikan dengan zat lain. Sebagian besar selenium dalam batuan dikombinasikan dengan mineral sulfida atau dengan perak, tembaga, timah, nikel, dan mineral. Selenium juga menggabung dengan oksigen untuk membentuk beberapa zat-zat yang tidak berwarna putih atau kristal. Selenium dan senyawa yang digunakan dalam beberapa perangkat fotografi, pistol bluing (solusi cair yang digunakan untuk membersihkan bagian-bagian logam senjata), plastik, cat, shampoo anti-ketombe, suplemen vitamin dan mineral, fungisida, dan beberapa jenis kaca. Sebagai contoh, selenium sulfida digunakan di shampoo anti-ketombe dengan nama dagang umum Selsun Blue. Selenium juga digunakan untuk menyiapkan obat-obatan dan sebagai nutrisi suplemen pakan untuk unggas dan ternak.

Apa yang terjadi pada selenium ketika memasuki lingkungan?
Selenium terjadi secara alami di lingkungan. Sebagai salah satu elemen, selenium tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, meskipun selenium dapat berubah bentuk dalam lingkungan. Pelapukan batuan dan tanah dapat mengakibatkan rendahnya tingkat selenium dalam air, yang dapat diambil oleh tanaman. Cuaca juga mengeluarkan selenium ke udara pada debu halus seperti partikel. Letusan gunung berapi dapat melepaskan selenium di udara. Selenium biasanya memasuki udara dari pembakaran batubara atau minyak. Selenium yang mungkin ada dalam mengkombinasikan bahan bakar fosil dengan oksigen ketika dibakar, yang kemudian bereaksi dengan air untuk membentuk senyawa yang larut selenium. Partikel udara selenium, seperti dalam abu, dapat menetap di tanah atau air permukaan. Pembuangan selenium dalam produk dan limbah komersial juga dapat meningkatkan jumlah selenium dalam tanah. Bentuk dan nasib selenium dalam tanah sangat tergantung pada keasaman lingkungan dan interaksi dengan oksigen. Dalam ketiadaan oksigen ketika tanah asam, jumlah selenium yang dapat memasukkan tanaman dan organisme harus rendah. Dengan demikian, ada kemungkinan peningkatan paparan terhadap senyawa ini. Selenium dapat memasukkan air permukaan di perairan saluran irigasi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa selenium dapat diambil dalam jaringan organisme perairan dan kemungkinan peningkatan konsentrasi sebagai selenium dilewatkan melalui rantai makanan. Konsentrasi selenium dalam organisme perairan telah menjadi masalah sebagai akibat dari limpasan irigasi di beberapa daerah kering di Amerika Serikat.

Bagaimana mungkin saya bisa terpapar selenium?
Orang terpapar kadar rendah selenium setiap hari melalui makanan, air, dan udara. Selenium juga merupakan elemen esensial bagi manusia dan hewan. Namun, selenium dapat berbahaya bila diambil secara teratur dalam jumlah yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik. Sebagian besar orang-orang mendapatkan asupan selenium dari makanan, dan untuk tingkat yang lebih rendah, dari air intake. Selenium yang berkadar rendah juga dapat ditemukan dalam air minum. Orang-orang juga mungkin akan terkena selenium dari sumber-sumber industri. Manusia biasanya tidak terkena selenium dalam jumlah besar di udara. Pekerjaan di mana manusia dapat terpapar selenium di udara adalah industri logam, selenium-proses pemulihan, cat manufaktur, dan perdagangan khusus.

Bagaimana selenium dapat memasuki dan meninggalkan tubuh saya?
Selenium memasuki tubuh ketika orang makan makanan yang mengandung selenium. Tubuh manusia dengan mudah menyerap senyawa selenium organik (misalnya, asam selenoamino) ketika dimakan. Selenium dalam air minum biasanya dalam bentuk anorganik natrium selenate dan natrium selenite, bentuk selenium ini juga mudah diserap dari saluran pencernaan. Tubuh manusia dapat mengubah selenium senyawa anorganik menjadi bentuk yang dapat digunakan. Selenium di udara juga dapat masuk ke tubuh kamu ketika kamu bernafas.
Cara selenium dapat memasuki tubuh dari tempat tertentu tergantung pada faktor-faktor seperti apakah sayuran yang ditanam di tanah di mana selenium terdapat dalam tanah tersebut, apakah air di lokasi mengandung selenium dan mampu mengalir ke pasokan air minum, dan apakah selenium meniup debu ke udara. Seperti disebutkan sebelumnya, kondisi khusus di sebuah tempat yang mampu mempengaruhi bentuk senyawa selenium dan apakah mereka dapat bergerak di lingkungan ke tempat-tempat di mana orang mungkin akan terpapar selenium. Tes spesifik lokal berkembang dari makanan, air minum, dan udara. Kamu juga harus menyadari bahwa senyawa selenium yang digunakan dalam beberapa sampo anti ketombe tidak mudah diserap melalui kulit.
Sebagian besar selenium yang memasuki tubuh cepat meninggalkan tubuh melalui urin, tetapi juga dalam tinja dan napas. Selenium dalam urin meningkat apabila jumlah eksposur naik. Selenium dapat berkembang di dalam tubuh manusia jika tingkat paparan yang sangat tinggi atau jika paparan terjadi dalam waktu yang lama. Jumlah yang menumpuk di dalam tubuh tergantung pada bentuk kimia dari selenium. Selenium berkembang dalam hati dan ginjal, tetapi juga di dalam darah, paru-paru, jantung, dan testis. Selenium juga terdapat pada kuku dan rambut, tergantung pada waktu dan jumlah pemaparan.
Mekanisme transport selenium sejauh ini tidak jelas dan diperdebatkan. Sebagai contoh, selenium telah dihipotesiskan untuk memasuki sel-sel darah merah melalui difusi dan dibawa ke seluruh tubuh. Dalam darah, selenium bebas mengikat lipoprotein seperti VLDL atau LDL. Sifat-sifat transportasi protein kedua, diidentifikasi sebagai selenoprotein P, telah bertemu dengan sudut pandang yang berlawanan. Protein ditemukan dalam plasma dan diyakini sebagai pembawa oleh beberapa selenium.
Selenium yang diserap menjadi bagian dari kedua transportasi dan penyimpanan protein. Selenium diyakini mempengaruhi pembentukan protein. Pengambilan selenium adalah sebuah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor. Jantung, ginjal, paru-paru, hati, pankreas, dan otot mengandung kadar selenium yang sangat tinggi sebagai komponen dari glutathione. Selain itu, tipe I (slow twitch) otot mungkin berisi jumlah yang lebih besar daripada Jenis glutathione berkurang IIb (cepat kedutan) karena kapasitas oksidatif. Hati adalah pemasok utama glutathione. Volume glutathione dalam hati adalah 5-7 mM, di jantung berkisar antara 2-3mm. Dengan pengecualian pada lensa mata, kadar yang ditemukan dalam hati yang tertinggi di dalam tubuh. Sel-sel darah merah mengandung empat kali lebih GSH dari plasma (2.0mM vs ,5 mM) (30).
Homeostasis selenium diatur melalui ekskresi. Selenium diekskresikan melalui dua jalur utama: kencing (50-67%) dan tinja (40-50%). Ekskresi melalui paru-paru ditandai oleh bau bau bawang putih ke senyawa selenium volatile. Ekskresi tinja tidak muncul untuk menjadi jalur utama dalam regulasi. Sebaliknya, ekskresi urin adalah rute utama.










http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.eoearth.org/article/Public_Health_Statement_for_Selenium


http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.bodyguardhealth.com/selenium-and-the-human-body


NAMA : NORMILISA NOPRIANI
NIM : H1E109028
PRODI : TEKNIK LINGKUNGAN

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses 2009.