Jumat, 12 Maret 2010

cara mengetahui kondisi air

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Kualitas Air?
Kualitas air dapat diketahui dengan melakukan pengujian tertentu terhadap air tersebut. Pengujian yang biasa dilakukan adalah uji kimia, fisik, biologi, atau uji kenampakan (bau dan warna). Sayangnya, cara-cara pengujian tersebut memerlukan biaya yang cukup mahal, disamping prosedur pengujian yang tidak mudah. Ada cara praktis yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk menilai kualitas air, yaitu dengan melihat hewan air (makroinvertebrata) yang spesifik hidup pada air berkualitas baik.
Makroinvertebrata merupakan penanda awal atau penduga akan kualitas air sungai, hanya dapat memberikan informasi akan potensi polusi air yang ada disekitar kita, misalnya di daerah-daerah pertanian.
Ciri-ciri fisik air tercemar:
1. Berbau
2. Warna keruh atau tidak sejernih air sehat tetapi air yang jernih juga belum tentu tidak tercemar. Indikatornya dapat dilihat dari ada atau tidaknya bakteri E.coli didalam air tesebut yang dapat menyebabkan penyakit bagi konsumen.
Ciri-Ciri kimiawi:
seperti adanya kangungan hidrogen sulfida, nitrat-nitrit dan BOD serta COD yang tinggi,sehingga populasi ikan pun menurun karena sulit hidup di air tercemar.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses 2009.